Tips Bermain Biola

Kalo ngomongin masalah biola, saya jadi teringat dengan salah satu partner di team musik kami yang bermain biola, biasa kami menyebutnya Ka’ Okky Biola (miss u, bro). Kehadiran suara musik gesek ini dalam grup musik kami memberi warna yang berbeda, terutama ketika lagu penyembahan di naikkan. Suaranya yang begitu khas dan “menyayat hati” ini memang begitu indah terdengar, tetapi sayang sekali tidak semua orang dapat memainkannya (termasuk saya, :p), karena memerlukan kepekaan yang dalam kadar tinggi.

Tidak kebetulan jika Anda sedang berada di blog sederhana saya ini. Berikut ini adalah artikel yang saya dapatkan ketika saya sedang “googling”, semoga bermanfaat bagi kita. Be blessed!

1.Pada Awalnya mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan mengetahui apa itu biola, entah dari keluarga, sahabat, atau mungkin guru sekolah anda yang pernah mengajarkan anda pelajaran seni musik di sekolah-sekolah anda.

Dalam hal ini mungkin anda mempunyai pendapat masing-masing bagaimana cara anda mengetahui biola, dari melihat mendengar dan mungkin punya satu biola yang diturunkan turun temurun dari keluarga anda.

Disini saya akan jelaskan bagaimana anda bisa mempelajari biola dan tekniknya. Mungkin anda sudah tahu apa itu biola?

Ya! Biola adalah salah satu dari banyak instrumen musik yang yang kita ketahui, biola adalah alat musik yang berdawai, yang mempunyai 4 dawai yang saling keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Disini saya akan mengajarkan anda satu tips yang paling ampuh untuk mempelajari bagaimana memulai belajar biola dari awal.

Mungkin yang pertama-tama yang anda harus miliki adalah niat, karena semuanya tergantung dari anda apakah sudah berniat mempelajarinya atau belum, “lho knpa? Bukannya kalau mau belajar alat musik itu harus punya dulu alatnya baru bisa belajar..

Saya setuju dengan pendapat anda, kalau mau belajar harus punya alat musiknya dulu, tapi itu mungkin faktor kesekian setelah niat anda, bagaimana mungkin anda punya alat musik tapi tanpa niat untuk mempelajarinya, kasus ini banyak di temukan dalam lingkungan kita, contohnya seseorang yang memilki sebuah piano, alat ini umumnya ada di sebuah rumah yg terbilang mewah, tapi piano ini tidak di fungsikan dengan semestinya atau barang kali piano itu hanya untuk hiasan semata meskipun sang pemilik tidak tahu bagaimana cara memainkannya atau barangkali hanya menyentuhnya ketika pertama kali piano tersebut dikirim dan sampai kerumah sang pemilik.., kok jd ngomongin piano ya?

Nah jika anda tak punya niat untuk mempelajari alat musik, jangan harap anda bisa mempelajarinya meskipun anda memiliki alat musik tersebut.

2.Setelah niat mempelajari biola apa lagi yang harus di miliki jika ingin mempalajari biola?

‘Kemauan’ adalah jawabannya.

Kemauan anda untuk belajar biola setelah adanya niat itu sangat penting karena jika anda hanya punya niat saja tanpa adanya kemauan mungkin tidak akan tewujud keinginan anda untuk mempelajari biola, apakah anda akan hanya termenung dengan niat anda tanpa mau melakukan suatu hal yang sudah anda niatkan terlebih dahulu.

Niat dan Kemauan, dua faktor ini cukup menunjang suatu keinginan anda untuk mempelajari biola karena dengan adanya niat dan kemauan itu akan mendorong anda untuk mempelajari alat musik biola

3.Apa tujuan anda mempelajari biola?

Tujuan kita mempelajri biola itu mungkin berbeda satu sama lain,misalnya faktor lingkungan kita yang keseharian sudah banyak dipenuhi oleh tugas sehari-hari kita, dengan mempelajari biola anda akan lebih merasakan relaksasi saat mempelajari biola, anda sudah termasuk mempunya tujuan dan maksud tertentu untuk mempelajarinya yaitu untuk memnyeimbangkan kegiatan anda sehari-hari sengan suatu seni yang boleh dibilang hebat.

Kenapa DI bilang hebat!!

Karena salah satu kehebatan alat musik biola yaitu umurnya yang sudah ada ratusan tahun yang lalu, mungkin sebelum kakek anda terlahir di dunia ini biola sudah ada dan anda baru mengenalnya setelah mengetahui apa itu biola.

4.Memilih biola sesuai dengan ukuran tubuh anda.

Dalam hal ini apakah lengan tangan, jari, bahu, serta leher anda sudah pas dengan biola yang anda akan gunakan untuk memainkan biola anda.

5.Membeli instrumen biola

Hal ini amat sangat harus diperhatikan dengan tepat, dari bentuk, tekstur, warna, hingga bahan yang terbuat untuk biola anda.

Ingat! Jika anda akan membeli biola hendaknya anda bertanya-tanya terlebih dahulu atau dengan mencari informasi tentang biola yang anda ketahui, saya rasa sekarang sudah banyak berdiri sekolah-sekolah musik di kota anda, saya sarankan anda tanya ke instruktur atau pengajar biola yang bersangkutan, apa dan bagaimana kriteria untuk membeli biola untuk anda khususnya.

Jangan pernah malu untuk menanyakan hal ini, karena jika anda malu untuk menanyakan hal ini mungkin suatu saat anda akan menyesali pembelian biola anda jika anda salah memilih biola untuk anda sendiri.

6.Memilih tempat belajar atau kursus musik

Anda sendiri mungkin sudah dapat membedakan mana tempat belajar atau kursus yang tepat, saya sarankan anda memilih tempat kursus yang sudah dikenal akrab oleh anda dan orang-orang disekitar anda,

Anda yang harus memilih, apakah anda akan kursus di kursusan besar dan ternama yang punya cabang di berbagai daerah dan di kota anda atau tidak.

Biasanya para instruktur atau pengajar di suatu kursusan ternama sudah di akui oleh kursusan ternama tersebut ini tidak menutupi untuk satu tempat kursus saja, karena setiap tempat kursus sudah memiliki kriteria-kriteria para pengajarnya untuk menjadi pengajar di tempat kursus tersebut. anda bisa memilih sendiri dimana tempat anda akan belajar biola sesuai keinginan anda.

Source: http://musisiindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: