Jodoh dicari atau datang dari Tuhan ???

Nn Matala gadis pemalu yang kini berusia diatas 30 tahun, yang kini bekerja disalah satu pabrik textile di Badung, kini dengan tekun menantikan jodoh, pria kiriman Tuhan yang dia yakini akan datang padanya. Sebagian dari kawan kawannya bahkan tua-tua jemaat dan gembala jemaatnya sudah berulang kali memberikan nasehat agar wanita yang berkulit hitam manis ini, bergaul dengan sesama orang muda digerejanya tetapi ditolaknya. Ia memiliki keyakinan yang hampir sama dengan sebagian kecil orang Kristen jaman dulu bahwa ” Soal jodoh, soal kelahiran dan soal kematian itu sudah ada yang mengatur, Yaitu Tuhan di sorga.” Karena keyakinannya yang kokoh bahwa soal siapa jodohnya itu 100% urusan Tuhan itulah ia hampir tidak punya upaya untuk bergaul dengan sesame orang muda seiman agar bisa menemukan jodoh.

Betulkah Saat ini Tuhan menentukan Jodoh tiap-tiap orang?

Kita perlu menyadari bahwa Alkitab tidak memberikan kepada kita kriteria yang spesifik tentang jodoh kita bahkan kalau kita melihat dan meneliti dengan saksama Alkitab tidak secara langsung menceritakan kisah di mana Tuhan menentukan jodoh tiap-tiap orang atau menakdirkan jodoh tiap-tiap orang. Dalam cerita Alkitab selain kisah Adam dan Hawa selajutnya hanya satu saja kisah cinta di mana Tuhan secara langsung turut turun tangan dalam menentukan jodoh yaitu pada kisah Ishak dan Ribka. Bagaimana dengan pasangan pasangan yang lainnya? Ternyata kisah pertemuan antara pria dan wanita yang lainnya Tuhan tidak Menentukan atau Turun tangan secara langsung. Apa maknanya informasi ini bagi kita orang-orang muda dan para orang- orang tua yang kini memiliki anak yang sudah menginjak dewasa? Disinilah Seolah-olah Tuhan memberikan kebebasan kepada kita manusia anak-anakNya untuk mencari dan memilih jodohnya.

Sebelum kita menikah dengan pujaan hati, maka langkah yang pertama adalah ” Menemukan pasangan hidup. Berhubungan dengan Tugas inilah maka kita perlu mencari dengan penuh kesabaran, Maksudnya adalah:

1. Orang Muda, Berusahalah sesering mungkin berada di posisi yang strategis dimana kalian bisa bertemu dengan Pemuda/pemudi sesuai dengan yang kau inginkan. Bila kita menempatkan diri di tempat yang salah maka kita akan bertemu dengan orang yang salah. Kalau target kita adalah pemuda/pemudi seiman maka harus sering berada ditempat yanga tepat yaitu tempat dimana pemuda seiman berkumpul dan bergaul. Diacara PA Gabungan, Perkemahan, acara kebaktian digereja dll.

2. Milikilah karakter yang disukai oleh sesama. Jadilah flexebel ( mudah menyesuaikan diri jangan kaku, apa lagi keras tengkuk dalam hidup ini,) Jadilah Loveble yaitu bisa mencintai dan bisa dicintai dengan wajar, Jangan pemarah, beljarlah bersabar, bila terbiasa jadi pengritik, belajarlajarlah menahan diri. Dan perlu juga meningkatkan penampilan fisik agar rapi dan menarik.

Tiga Kriteria dalam mencari Jodoh.

Didalam Alkitab sebetulnya Tuhan telah memberikan kepada kita TIGA GARIS BESAR, TIGA PEDOMAN, KRITERIA, TIGA PRINSIP, dalam mencari jodoh. Ketiga hal itu adalah.

a. SEIMAN.

Ada dua ayat yang mendasar prinsip seiman ini yaitu: 2 Korintus 5:17 , yang berbunyi: “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Sebagai orang kristen kita harus bersanding dengan orang yang sudah mengalami kelahiran baru.

Berikutnya adalah: I Korintus 7:39 “Istri terikat selama suaminya hidup, kalau suaminya telah meninggal ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya asal orang itu adalah seorang yang percaya.” Cobalah kita perhatikan dengan baik ayat ini, ayat ini sekali lagi menekankan bahwa: Tuhan menghendaki kita menikah dengan sesama orang yang percaya.

Apakah Alasan kenapa Allah melarang kita menikah dengan seseorang yang tidak seiman?. Inilah jawabannya Tidak seiman berarti kita berbeda dalam: 1). Tujuan hidup (2 Korintus 5:15). Hidup umat Tuhan adalah untuk kemulyaan Nama Kristus. 2). Status hidup (2 Korintus 5:17). Setiap umat Tuhan diharpkan Memiliki hidup yang baru yang semakin mirip dengan kehidupan Kristus, dan semakin menjauhi hidup keduniawian. Sedangkan yang ke 3 . Substansi hidup (2 Korintus 6:14-15). Substansi di dalam Kristus adalah terang, diluar Kristus adalah kegelapan , bagaimana terang dan gelap dipersatukan.

b. SESUAI DENGAN SELERA KITA.

Inilah criteria yang kedua dalam memilih Jodoh, Yaitu Kita diberikan kebebasan menikah dengan siapa saja yang seiman yang kita kehendaki yang sesuai sesuai dengan selera kita. Prinsip kedua ini bersumber dari i I KORINTUS 7: 39 “Istri terikat selama suaminya hidup, kalau suaminya telah meninggal ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya asal orang itu adalah seorang yang percaya.” Maksudnya adalah kita tidak harus menikah dengan tipe tertentu, suku tertentu, orang yang memiliki kekayaan tertentu, tinggi tertentu, berat badan tertentu …… tidak demikian !

Kita sebagai umat Tuhan harus menyadari masing-masing kita mempunyai keunikan. Apakah dalam hal selera. Jadi silakan bila kita mau yang pendek silakan, yang tinggi ya silakan, yang kurus silakan, ingin pasanngan yang sesame suku silahkan, mau menikah dengan yang berkulit putih, atau berkulit yang berwarna lain silahkan, kita tidak harus seragam. Namu ingat semakin sedikit perbedaan semakin mudah menciptakan kebahagiaan, semakin lebar jurang perbedaan akan semakin sulit dan perlu lebih bekerja keras untuk menciptakan kebahagiaan bersama.

c. SEPADAN, COCOK, PAS dalam SIFAT DAN KARAKTERISTIKNYA.

Prinsip ketiga diambil dari Kitab Kejadian pasal 2. yaitu pilihlah istri atau suami yang juga sepadan dengan kita, yang cocok, yang pas. Dalam point ketiga ini yang dimaksud adalah menyangkut kecocokan sifat dan karakteristik pasangan kita dengan kita. Tuhan menciptakan Hawa sebagai penolong yang sepadan untuk kita. Jadi pilihlah istri atau suami yang juga sepadan dengan kita, yang cocok. yang pas. Hal ini sesungguhnya menyangkut kecantikan dari dalam atau inner beauty yaitu kecocokan sifat –tabiat dan karakteristik.

PERAN MENCARI PIMPINAN TUHAN

Dalam proses Mencari Joodoh kita harus terus-menerus meminta pimpinan Tuhan sebab di kitab Yakobus 1:5 BERKATA ” Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit –, maka hal itu akan diberikan kepadanya.” Jadi dalam masa berpacaran ( Proses mencari Jodoh) kita perlu meminta hikmat Tuhan agar bisa melihat dengan jelas, apakah orang ini cocok atau tidak dengan kita meskipun seiman, meskipun sesuai selera kita tapi kalau tidak cocok bukan kehendak Tuhan.

Jodoh memang di tangan Tuhan itu betul, tapi dalam prosesnya Tuhan meminta kita memperhatikan ketiga hal ini. 1. Seiman, 2. Sesuai selera kita, 3. Yang sepadan, cocok, yang Pas, tentang sifat dan karakteristiknya dan dapat saling tolong menolong.

USIA BERAPA YANG COCOK MULAI BERPACARAN

Usia yang cocok untuk mulai berpacaran adalah usia perguruan tinggi, usia kuliah, jangan aat masih duduk dibangku SMP atau SMA dan yang sederajat. Alasanya adalah karena saat anak masih duduk di bangku SMP dan SMA sesungguhnya mereka masih dalam masa remaja. Dimana masa remaja adalah masa pembentukan diri remaja, remaja masih mencari-cari jati diri. Disaat remaja sedang dalam proses pembentukan Jati diri di saat itulah remaja sangat perlu untuk bergaul dengan luas dengan banyak sahabat dan kawan-kawan, sehingga anak remaja akan bisa mengenal sesama dengan luas. Setelah pengenalan dengn luas berbagai sifat kawan-dan sahabat mereka barulah akhirnya mereka siap untuk memulai hubungan yang lebih eksklusif yaitu berdua atau berpacaran.

Jadi saat orang muda mulai memasuki tahap hubungan eksklusif,special, sebelumnya mereka telah belajar mengenal sesamanya dengan berbagai sifatnya. Sehingga pilihanya adalah yang sesuai dengan seleranya, pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: