Be Positive!

Baca: Kejadian 50:15-21

Banyak orang bilang, “Think Positive!” ato “Be Positive!” kepada orang yang lagi putus asa dan butuh dihibur. Sayangnya seringkali kalimat seperti itu enggak dianggap terlalu serius. Padahal kekuatan sikap positif enggak sekedar membuat perasaan kita jauh lebih baik, melainkan sanggup mengubah keadaan ato situasi yang kita hadapi. Bersikap positif enggak berarti kita sedang menenteramkan bagi ato menyangkali kenyataan pahit. Kalo kita berpikir bahwa bersikap positif berarti menyangkali kenyataan, maka kita salah besar!

Bersikap positif adalah soal cara pikir kita. Cara pandang yang benar sangat menentukan reaksi kita. Waktu temen lupa ngembaliin CD yang dipinjamnya, kita bisa menduga dia sengaja pengen nilep ato kita berpikir dia lagi sibuk banget ampe kelupaan ato enggak sempat. Negative thingking membuat reaksi kita negatif juga. Kalo kita menganggap doi sengaja enggak ngembaliin barang kita, maka kita akan merasa jengkel, bersikap ketus dan memarahi dia. Sebaliknya kalo kita berpikir positif, reaksi kita pun akan jadi positif. Mungkin kita bisa SMS ngingetin sebelum ketemuan untuk membawa CD itu ato nyamperin rumahnya mengambil barang tersebut sekalian main kesana.

Kalo kita masih menganggur sampai hari ini, masih jomblo, masih nyusun skripsi yang enggak kelar-kelar, ato tengah menjalani kondisi apapun yang enggak kita harapkan-tetaplah bersikap positif. Bersikap positif adalah modal yang kuat untuk kita bertekun, terus berusaha dan akhirnya berhasil. Bersikap positif membuat kita semangat menghadapi hari seberat apapun. Bersikap positif membuat kita menjalani hari dengan ucapan syukur. Bersikap positif membuat kita punya banyak teman. Bersikap positif membuat kita melihat tangan penyertaan Tuhan dalam setiap aktivitas kita. Yusuf memberi kita teladan bersikap positif sepanjang hidupnya. Saat menjadi budak, saat dipenjara, saat dilupakan bahkan saat ada kesempatan untuk membalas dendam baik kepada saudara-saudaranya, kepada isterin Potifar ato kepada siapapun yang telah menyakitinya selama ini. Sepanjang hidupnya Yusuf bersikap positif sehingga ia bisa memahami rencana Allah dalam kehidupanya untuk memelihara kehidupan bangsanya. Bagaimana dengan kita?

2 Tanggapan

  1. […] i was reading this blog: be positive! by Moment with Jesus. great blog. learning some new words. learning bible chapters in Bahasa […]

  2. bisa bertanya? :
    1. kejadian = acts?
    2. apa makna jomblo?
    3. what is the English name for Yusuf? Joseph?

    terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: