Mempergunakan Waktu

Bacaan Alkitab : Efesus 5 : 15 – 17
Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini jahat. (Efesus 5 : 16)

Suatu hari celengan anak saya dibuka karena mau dihitung. Alangkah terkejutnya saya ketika isi celengan tersebut bukan hanya uang, melainkan stiker-stiker kecil, mainan-mainan berukuran kecil, dan potongan-potongan kertas kecil. Celengan yang semestinya berfungsi sebagai tempat menyimpan uang jadi multifungsi sebagai tempat menyimpan barang-barang lain.

Demikian pula dalam kehidupan manusia yang perlu kita isi setiap hari. Tuhan memberikan 24 jam sehari untuk semua manusia. Waktu tersebut merupakan harta yang berharga bagi kita. Namun, bagaiman mengisi waktu tersebut tergantung kepada pribadi masing-masing. Ada orang yang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang, berbelanja dari satu pusat perbelanjaan ke pusat perbelanjaan yang lain, adapula yang senang mengisi waktunya dengan bekerja keras tanpa mengenal istirahat yang cukup. Akan tetapi ada pula yang mengisi waktunya dengan bijaksana, yakni dengan menggali potensi yang Allah berikan secara maksimal atau melayani Tuhan.

Firman Tuhan mengingatkan untuk kita memperhatikan dengan seksama bagaimana kita hidup serta mempergunakan waktu yang ada, karena hari-hari itu adalah jahat (Efesus 5 : 15-16). Waktu itu tidak dapat berputar ulang. Apabila kita melakukan kesalahan, hal itu akan berdampak di kemudian hari. Ada sebuah ungkapan terkenal mengatakan “Time is Money” atau waktu adalah uang. Tetapi sesungguhnya waktu lebih berharga daripada uang. Uang habis bisa dicari lagi, namun kalau waktu sudah lewat atau habis, takkan pernah bisa diulangi lagi.

Jika kita mengetahui kesempatan bahwa hidup ini singkat, bagaimana kita mengisi sisa waktu pemberian Tuhan? Saya harap kita akan lebih serius, berhati-hati, serta cermat dan bijaksana dalam menggunakan waktu. Mari kita mulai membuat perencanaan atas hidup kita. Jangan biarkan waktu terbuang secara sia-sia. Dan janganlah waktu kita gunakan untuk mendukakan hati Allah dengan perbuatan-perbuatan cemar. mari gunakan waktu hidup kita dengan sebaik-baiknya untuk menyenangkan hati Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: