Saat Tepat Berinvestasi

Amsal 20:4

Pada musim dingin si pemalas tidak membajak; jikalau ia mencari pada musim menuai, maka tidak ada apa-apa.

Bayangkan Anda dapat kembali ke tahun 1808 di Amerika dan punya uang satu dolar. Apakah Anda akan menggunakannya untuk : (A) mengadakan pesta makan besar, (B) membeli perhiasan emas cantik dari Eropa, atau (C) menginvestasikannya dalam surat saham. Dua ratus tahun kemudian, inilah hasil pilihan Anda.

Jika Anda memilih A, maka Anda akan bersenang-senang semalam, makan kenyang, minum sepuasnya dan tamatlah riwayat satu dolar Anda tanpa jejak. Jika Anda memilih B, Anda dapat tampil trendi pada tahun 1808 sekaligus berinvestasi. Menurut Dr. Jeremy Siegel, seorang profesor bidang keuangan di Universitas Pensylvania, $1 dalam bentuk emas pada tahun 1808 akan menjadi $11.17 pada tahun 2008. Yah, cukuplah untuk Anda makan malam berdua di McDonalds. Sedangkan jika Anda memilih C, maka menurut Siegel, $1 yang diinvestasikan untuk membeli saham rata-rata pada tahun 1808 sudah akan berlipat ganda menjadi $7.47 juta tahun ini. Cukup untuk Anda mengambil alih seluruh cabang McDonalds di kota Anda.

Masalahnya, kebanyakan kita cuma senang berkhayal menerima uang 7,47 juta dolar (“Seandainya dulu kakekku menginvestasikan satu dolarnya”), tapi tidak pernah berpikir bahwa sekarang saatnya kita sendiri mulai berinvestasi. Kita malas belajar atau bertanya mengenai cara investasi terbaik. Kita lebih suka memakai uang untuk membeli barang-barang konsumsi yang tidak menghasilkan apa-apa. Kita tidak pernah ‘membajak’ tapi ingin ‘menuai’. Tidakkah sudah saatnya kita belajar mengelola keuangan secara lebih cerdas dan bijaksana?

* Ams 6 : 6 > ” Hai pemalas,pergilah kepada semut,perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak”.

Waktu terbaik untuk menanam pohon oak adalah 20 tahun lalu. Waktu terbaik berikutnya adalah sekarang – David Chilton, The wealthy barber.

 

Sumber:Milis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: